Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Cara Mengecek Plagiat Online Gratis di Situs-situs ini

10 Cara Mengecek Plagiat Online Gratis di Situs-situs ini
Saat ini, kegiatan cek plagiasi semakin marak, khususnya di kalangan penulis, peneliti, dan sejenisnya. Dari fenomena ini, makin banyak pula orang yang mencari-cari cara mengecek plagiat online gratis dan praktis.

10 Cara Mengecek Plagiat Online Gratis

Lalu, apa saja cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek plagiat online tanpa harus membuat dompet makin kurus? Nah, di bawah ini 10 situs gratis yang artikel ini pilihkan buat kamu!

1. Duplichecker

Pertama kita punya Duplichecker, salah satu alat pengecek plagiasi online gratis paling populer! Dengan versi gratisnya, kamu berkesempatan mengecek plagiasi dari sebuah susunan teks atau dokumen dengan maksimal 1000 kata di dalamnya.

Nah, kabar baiknya kamu bisa menggunakan situs beralamatkan duplichecker.com ini sebanyak apa pun yang kamu mau. Plus, dia tidak membutuhkanmu untuk buat akun.

Selain itu, Duplichecker juga menyediakan fitur rewriting teks atau parafrase kalau terdeteksi ada plagiasi pada tulisan yang kamu periksa. Fitur-fitur lainnya seperti reverse image search dan keyword position checker juga bisa kamu coba.

2. Check Plagiarism

Selain Duplichecker, di mana cek plagiarisme gratis dan mudah? Yap, dengan nama situs yang simpel, penggunaannya pun juga anti ribet! Situs ini bekerja mirip dengan Duplichecker di atas dan menawarkan berbagai fitur-fitur lain.

Contoh fitur yang Check Plagiarism sediakan antara lain paraphrasing tool, citation generator, dan text summarizer. Dengan fitur citation generator tersebut, situs ini cocok dalam membantu mengerjakan karya tulis ilmiah.

Penasaran dengan alat pengecek plagiasi yang satu ini? Yuk langsung kunjungi laman web resmi Check Plagiarism di check-plagiarism.com!

3. Plagiarism Detector.net

Situs ini adalah salah satu yang membuatmu bisa mendeteksi plagiarisme bukan hanya yang berbahasa Indonesia, tetapi juga bahasa asing seperti Spanyol, Inggris, Tagalog, Rusia, Prancis, dan India.

Di samping itu, penggunaannya pun bisa untuk tulisan pribadi, akademik, dan kepenulisan profesional! Kamu bisa cek plagiasi teks sampai 1000 kata di situs dengan alamat plagiarismdectector.net ini.

4. SmallSEOTools

Hobi bikin artikel SEO? Yuk cobain SmallSEOTools! Layaknya situs pengecekan plagiasi gratis pada umumnya, kamu berkesempatan untuk memeriksa tulisan hingga 1000 kata.

Fitur lain yang SmallSEOTools sediakan misalnya convert text to image, reverse text generator, text to speech, dan backlink checker. Sisanya bisa kamu eksplor sendiri di laman webnya smallseotools.com.

Nah, kalau kamu bertanya “SmallSEOTools apakah aman?”, maka nggak usah khawatir!

Situs pengecek plagiasi yang satu ini terjamin keamanannya sehingga kamu nggak perlu memikirkan adanya pencurian data, scam, malware, dan sebagainya.

5. Plagiarism Checker.co

Situs untuk mengecek plagiasi selanjutnya yang banyak orang pakai adalah Plagiarism Checker.co. Sama seperti Plagiarism Detector.net tadi, di sini kamu bisa mendeteksi plagiasi dari berbagai bahasa juga!

Nah, berbeda dengan situs pengecek plagiasi pada umumnya yang batasan tertingginya 1000 kata, Plagiarism Checker.co membatasi jumlah maksimal tulisan pada 800 kata. Lebih lanjut, yuk kunjungi plagiarismchecker.co!

6. Search Engine Reports.net

Cara mengecek plagiat online gratis juga kami rekomendasikan dengan Search Engine Reports.net.

Nah, salah satu keunikan dari situs beralamatkan searchenginereports.net ini adalah fitur image compressor di mana kamu dapat memperkecil ukuran gambar.

Selain itu, kamu akan menemukan fitur-fitur berguna lainnya dalam kepenulisan, seperti image to text, backlink maker, parafrase, dan merge words di mana kamu bisa mendapatkan long tail keyword untuk artikel SEO.

7. Grammarly

Kamu mungkin pernah dengar nama situs yang satu ini. Bukan hanya mengecek ada tidaknya plagiasi di dalam tulisanmu, situs dengan alamat grammarly.com ini juga membantumu mengidentifikasi kekeliruan penulisan atau grammar.

Dengan demikian, kegiatan menulismu terutama dalam Bahasa Inggris akan lebih praktis dengan dua fungsi dasar yang sangat penting ini!

8. Quill SEO Tools

Kalau kamu cari laman web dengan fitur SEO writing super lengkap, Quill SEO Tools adalah teman terbaik lainnya yang bisa kamu temukan!

Dengan mengakses alamat quillseotools.com, bukan hanya cek plagiasi, kamu juga bisa mencoba fitur lain seperti keyword density checker, backlink checker, dan article rewriter. Fitur plagiasi gratis di sini maksimal 1000 kata.

Maka dari itu, kegiatan tulis-menulismu yang berkaitan dengan SEO akan sangat terbantu hanya dengan satu situs ini! Daripada penasaran, langsung saja berkunjung ke situsnya!

9. Editpad

Cek plagiasi pakai apa yang punya fitur unik? Ini dia Editpad! menghadirkan beberapa fitur yang memberimu kesempatan untuk mengubah font dari tulisanmu, misal gaya gothic, estetik, atau ala zalgo text generator.

Hmm, bikin penasaran, bukan?

Selain itu, situs beralamatkan editpad.org ini juga lengkap dengan alat praktis lain seperti pengubah gambar ke teks, parafrase, dan peringkas teks.

10. Plag.id

Alat cek plagiarisme gratis urutan kesepuluh yang artikel ini rekomendasikan adalah Plag.id. Situs ini dapat jadi andalan bagi para siswa, mahasiswa, dan tenaga pengajar, dengan profilnya yang memang akademis banget.

Nah, berbeda dengan situs-situs sebelumnya, agar bisa menggunakan situs beralamatkan plag.id ini, kamu harus login dengan Facebook atau Twitter atau daftar akun baru. Kamu dapat memilih sebagai akun standar atau akun pengajar.

Nah, buat kamu yang masih duduk di bangku sekolah dan kuliah atau berprofesi sebagai guru dan dosen, nggak ada alasan untuk nggak cobain Plag.id!

3 Alasan Pentingnya untuk Cek Plagiasi

Lalu, sebenarnya kenapa, sih, kita harus senantiasa mengecek plagiasi dari tulisan yang kita buat? Nah, setelah kita mengetahui 10 cara mengecek plagiat online gratis, selanjutnya ini 3 alasan dari pertanyaan di atas.

1. Plagiasi Merupakan Tindak Kriminal

Di negara mana pun kamu berada, plagiarisme adalah tindakan kriminal keras pencurian hak cipta orang lain, baik dalam bentuk karya tulis maupun bukan.

Ada beberapa peraturan dan undang-undang plagiasi di Indonesia. Kalau kita membahas tentang karya tulis bidang akademik, maka kamu bisa cek UU Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 25 ayat (2).

Di sisi lain, peraturan tentang plagiasi segala jenis karya tercantum pada Pasal 72 ayat UUHC.

2. Plagiarisme Tidak Menjaga Kemurnian Ilmu Pengetahuan

Pada UU tentang plagiasi karya tulis akademik di atas, orang-orang yang mengejar gelar akademik dan terbukti melakukan plagiasi akan mengalami pencabutan gelar.

Hal ini merupakan upaya menjaga integritas dan kemurnian dari kemajuan ilmu pengetahuan. Miris, bukan, jika jendela ilmu berkembang melalui jalan yang tidak pantas?

3. Plagiasi Berpotensi Merusak Reputasi Pelaku

Kalau seseorang telah melakukan plagiat meski cuma satu kali, maka ke depannya bersiaplah ia menjadi target cibiran orang lain saat menelurkan karya tulis bentuk apa pun.

Selain gelar akademik yang berpotensi pergi begitu saja, bisa-bisa pelaku juga ter-banned dari berbagai universitas. Jadi, plagiasi bukan main-main, ya!

Penutup

Nah, itu tadi 10 cara mengecek plagiat online gratis beserta 3 alasan kenapa kamu sama sekali harus menghindari plagiarisme. Sudah tahu situs mana yang ingin kamu coba?

Posting Komentar untuk "10 Cara Mengecek Plagiat Online Gratis di Situs-situs ini"

INI BUKU STRATEGI untuk Jadi Awardee Beasiswa Luar Negeri by Kobi Education (@kobieducation)