Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah Cara Membuat Essay yang Baik dan Benar, Yuk Simak!

Cara Membuat Essay yang Baik dan Benar
Kalau kamu adalah pelajar atau mahasiswa, pasti sudah tidak asing lagi dengan essay. Tugas ini memang sering guru atau dosen berikan. Akan tetapi, tahukah kamu bagaimana cara membuat essay yang baik dan benar itu?

Cara ini penting sekali untuk kamu ketahui. Karena meski terlihat sepele, nyatanya essay harus kamu buat dengan baik supaya informasi yang ingin kamu sampaikan bisa pembaca terima dengan baik.

Nah, kalau kamu masih bingung jangan khawatir. Yuk, pelajari cara membuat essay berikut ini!

Berkenalan dengan Essay

Tahukah kamu apa itu essay? Jika melansir dari laman Kamus Besar Bahasa Indonesia, esai atau essay adalah sebuah karangan prosa yang membahas tentang masalah secara singkat dengan menggunakan sudut pandang penulis.

Tujuan membuat essay adalah untuk membuat masyarakat menerima pendapat penulis. Selain itu, melalui essay juga diharapkan pembaca bisa yakin terhadap informasi yang ada di dalamnya.

Karena itu, sebaiknya saat menulis essay kamu juga menyertakan data-data sebagai landasan dari pendapat yang kamu tulis. Essay juga punya peranan yang penting untuk mengembangkan kemampuan literasi pelajar atau mahasiswa.

Sebab, dengan menulis essay kamu harus mengungkapkan isi pikiran berdasarkan kerangka yang tepat. Selain itu, kamu juga harus memiliki kualitas berpikir yang baik dan data yang valid untuk mendukung argumen yang ditulis.

Essay juga memiliki struktur atau format tersendiri. Berikut adalah format essay tersebut:
  1. Pembuka atau pendahuluan
  2. Isi essay atau bagian inti
  3. Kesimpulan atau penutup.
Tidak hanya itu, essay juga terbagi menjadi beberapa jenis atau tipe yang berbeda. Pertama, ada essay deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan suatu benda, tempat, atau seseorang.

Kedua ada jenis essay ekspositori yang tujuan penulisannya adalah untuk menjelaskan suatu subjek tertentu kepada para pembaca. Ketiga ada essay naratif yang menggambarkan suatu hal dan biasanya tersaji dengan urutan waktu.

Terakhir, ada essay dokumentatif. Jenis essay yang satu ini penulisannya bertujuan untuk memberikan informasi, tapi berdasarkan penelitian dari lembaga tertentu. Nah, kamu bisa memilih salah satu dari berbagai tipe essay tersebut sebelum menulisnya.

Cara Membuat Essay yang Baik dan Benar

Menulis essay pun tidak bisa sembarangan. Dengan struktur yang sudah ada, kamu harus bisa mengolah data dan menuliskan informasi agar siapa saja yang membaca essay mu bisa menerima informasinya dengan baik.

Jangan khawatir dulu akan kesulitan. Inilah beberapa cara membuat essay yang bisa kamu ikuti sebagai referensi:

1. Tentukan Dulu Topik dan Jenis Essay

Langkah awal membuat essay yang harus kamu lakukan adalah menentukan jenis dan topik essay. Seperti yang sebelumnya sudah kami tuliskan, essay memiliki beberapa tipe yang memiliki tujuan penulisan berbeda-beda.

Tugas kamu adalah memilih dari salah satu tipe tersebut. Meski terlihat sepele, tapi cara ini nantinya akan sangat membantu untuk menentukan gagasan dan isi essay. Jika tipe essay sudah kamu tentukan, baru persempit pembahasan topiknya.

Apalagi kalau kamu berniat menulis essay yang memang berisi tentang analisis khusus. Jika seperti ini, maka kamu harus membuat topik yang memang spesifik membahas tentang hal tersebut jadi pembahasannya bisa lebih fokus.

2. Cari dan Kumpulkan Sumber Materi

Setelah memilih topik dan jenis essay, maka kamu bisa mulai untuk mencari materi yang akan menjadi sumber penulisan. Di tahap ini, jangan setengah-setengah mengumpulkan sumbernya. Makin lengkap, malah semakin bagus.

Sebab ini akan sangat berguna untuk membantu memperkuat pendapat dan argumen yang akan kamu sampaikan. Untuk mendapatkan materi, kamu bisa mencarinya dari buku, artikel, jurnal, dan lain sebagainya.

3. Buat Garis Besar atau Kerangka Essay

Langkah selanjutnya kamu bisa membuat kerangka atau garis besar isi essay. Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan mind mapping atau kalimat singkat yang berkaitan dengan topik.

Dari kerangka ini, nantinya kamu bisa lebih mudah dalam menulis essay. Apa saja yang ingin kamu tulis, apa saja sumber yang dibutuhkan, dan penyampaian seperti apa yang akan kamu tuliskan. Semuanya lebih mudah dengan kerangka berpikir.

4. Menuliskan Poin Penting

Cara membuat essay yang baik selanjutnya adalah dengan menuliskan poin penting. Meski terlihat sederhana, tapi kehadiran poin penting ini bisa membantumu merumuskan subtopik lebih lanjut.

Baru setelah itu, kembangkan sub topik tersebut menjadi pembahasan yang lebih panjang dan mendalam. Dengan cara ini, kamu tidak hanya bisa menulis essay dengan lebih mudah, tapi juga lebih cepat dan efektif.

5. Tulis Essay

Jika semua tahap sudah selesai, maka kamu bisa memulai menulis essay. Mulai susun semua materi yang sudah kamu dapatkan dengan berpedoman pada kerangka atau garis besar yang sudah kamu buat sebelumnya.

Ingat lagi struktur atau format essay. Kamu bisa mengawalinya dengan bagian pendahuluan atau pembuka. Bagian ini harus kamu tuliskan dengan jelas dan buat pembaca penasaran terhadap argumen selanjutnya yang akan kamu sampaikan.

Setelah itu, lanjut tulis bagian isi essay dan akhiri dengan bagian kesimpulan atau penutup. Saat menulis essay, pastikan kamu menggunakan kalimat yang jelas, rinci, dan singkat ya. Jangan bertele-tele dalam menyampaikan suatu informasi.

Salah satu kunci cara membuat essay yang baik dan benar adalah dengan menggunakan gaya penulisan yang menarik supaya hasil tulisanmu nanti tidak membosankan.

Caranya, kamu bisa menggunakan anekdot atau menggunakan dialog untuk menyampaikan poin. Tips seperti ini akan sangat berguna supaya pendapat yang kamu tulis di dalam essay bisa pembaca terima dengan baik.

Selain itu, untuk mencegah pembaca merasa bosan terhadap isi essay yang kamu tulis. Untuk bagian kesimpulan, pastikan kamu menulis rangkuman dari semua hal yang sudah kamu bahas sebelumnya.

Berikan perspektif dan pandangan kamu juga terhadap isu yang kamu angkat. Ingat, jangan sampai membuat kesimpulan yang terkesan “nanggung” dan tidak selesai.

Hindari memberikan informasi baru di bagian tersebut. Susunannya harus ringkas, padat, jelas, dan menjadi gambaran pendapat yang kamu sampaikan.

6. Revisi Essay

Cara membuat essay yang baik dan benar yang terakhir adalah proses revisi atau penyuntingan essay. Tahap ini adalah proses paling akhir dan penting untuk dilakukan. Ini bertujuan untuk menilai kualitas dari tulisan yang kamu buat.

Apakah ada bagian yang kurang tepat, struktur yang tidak tepat, informasi yang lupa kamu tuliskan, atau lainnya. Kamu bisa membaca ulang essay agar bisa mengetahui dimana letak kekurangannya.

Selain itu, kamu juga bisa menilai bagaimana susunan kalimat satu dengan yang lain, paragraf satu dan paragraf yang lain, dan meneliti format penulisan. Semuanya penting untuk memastikan essay yang kamu buat memang berkualitas.

Terakhir, jangan lupa juga untuk meneliti kesalahan penulisan atau typo. Karena meski terkesan sepele, tapi ini sangat mempengaruhi kenyamanan dan pengalaman membaca lho. Jadi pastikan tidak ada bagian yang salah tulis ya!

Penutup

Itulah cara membuat essay yang baik dan benar yang bisa kamu simak. Sebenarnya, menulis essay bukanlah hal yang sulit. Hanya saja memang ada banyak hal yang harus kamu siapkan agar hasil tulisan bisa berkualitas.

Dengan sederet cara yang sudah kamu baca, diharapkan bisa menjadi referensi agar kamu bisa membuat essay dengan lebih mudah dan baik. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Inilah Cara Membuat Essay yang Baik dan Benar, Yuk Simak!"

INI BUKU STRATEGI untuk Jadi Awardee Beasiswa Luar Negeri by Kobi Education (@kobieducation)